RELASI ANTARA MANUSIA,PEKERJAAN,PROFESI,PROFESIONAL DAN PROFESIONALISME




Analisa Hubungan Manusia,Pekerjaan,Profesi,Profesional,dan

Profesionalisme dengan pendekatan Orientasi Filosofi.





                                                Iwan Sugiarto (12411013)
                          Fakultas Ilmu Komputer ,Program Studi Sistem Informasi
 Universitas Bandar Lampung




Abstrak

Manusia Merupakan Homo Sapiens yang memiliki akal fikir yang mampu berfikir secara sequeen dan bersifat logistis. Manusia tidak lepas dengan suatu proses untuk memenuhi kebutuhan baik itu kebutuhan fisik maupun kebutuhan biologis,dan untuk memenuhi kebutuhan tersebut manusia harus melakukan berbagai pekerjaan sehingga apa yang diinginkan bisa terlaksana sesuai dengan apa yang sudah ditargetkan.melihat situasi pada saat ini lapangan pekerjaan semakin kecil sedangkan banyaknya manusia yang mencari pekerjaan meledak hal tersebut merupakan tantangan bagi para pencari pekerjaan bagaimana agar bisa bersaing untuk mendapatkan pekerjaan tersebut,tentu hal itu sangat sulit,butuh perjuang yang ekstra baik fisik maupun mental serta intelektual yang tinggi.ketika seseorang sudah mendapatkan pekerjaan hal yang harus diperhatikan yaitu bagaimana jabatan tersebut bisa dinikmati tanpa harus waswas akan digantikan oleh orang lain, dan untuk lebih jelas lagi bagaimana keterkaitan antara manusia dengan profesinya sehingga bisa menjadi seseorang yang benar-benar profesional dalam profesinya .
       
          Kata kunci : Manusia, Pekerjaan,Profesi,Profesional,Profesionalisme.



1.  Pendahuluan



Pengukuran dan pengevaluasian terhadap tingkat kesesuaian antara profesi terhadap profesional,dan profesional terhadap profesionalisme merupakan solusi untuk meningkatkan dan memperbaiki cara untuk menjalankan sebuah pekerjaan dengan sebaik –



baiknya dengan harapan pekerjaan tersebut bisa terselesaikan sesuai dengan apa yang diharapkan dan sudah pasti hal tersebut harus ditangani oleh orang yang benar-benar ahli di bidangnya masing-masing.untuk lebih jelas mari baca paragraf selanjutnya.



 Definisi Manusia,Profesi,Profesional,Profesionalisme.


  • Menurut OMAR MOHAMMAD AL-TOUMY AL-SYAIBANY
Manusia adalah mahluk yang paling mulia, manusia adalah mahluk yang berfikir, dan manusia adalah mahluk yang memiliki 3 dimensi (badan, akal, dan ruh), manusia dalam pertumbuhannya dipengaruhi faktor keturunan danlingkungan.

Profesi adalah kata serapan dari sebuah kata dalam bahasa Inggris "Profess", yang dalam bahasa Yunani adalah "Επαγγελια", yang bermakna: "Janji untuk memenuhi kewajiban melakukan suatu tugas khusus secara tetap/permanen".
Profesi adalah pekerjaan yang membutuhkan pelatihan dan penguasaan terhadap suatu pengetahuan khusus .suatu profesi biasanya memiliki kode etik serta proses sertifikasi dan lisensi yang khusus untuk bidang profesi tersebut. Sebagai contoh : profesi bidang hukum, militer dll.
  • Menurut TANRI ABENG (2002)
profesional merupakan seseorang mampu menguasai ilmu pengetahuannya secara mendalam, mampu melakukan kerativitas dan inovasi atas bidang yang digelutinya serta harus selalu berfikir positifdengan menjunjung tinggi etika dan integritas profesi.
  • Menurut AHMAN SUTARDI & ENDANG BUDIASIH
Profesionalisme adalah wujud dari upaya optimal yang dilakukan untuk memenuhi apa-apa yang telah diucapkan, dengan cara yang tidak merugikan pihak-pihak lain, sehingga tindakannya bisa diterima oleh semua unsur yang terkait.
  • Hakikat Manusia sebagai mahluk yang bekerja
Hubungan Dalam menjalani berbagai aktifitas dalam upaya pemenuhan kebutuhan hidup  dan menyelesaikan berbagai masalah kehidupannya,manusia tidak bisa terlepas dari yang namanya bekerja agar apa yang mereka inginkan bisa terwujudkan.sebagai contoh ada seorang petani yang ingin mempunyai mobil mewah namun dia tidak punya uang,upaya yang harus dilakukan oleh si petani yaitu dengan cara bekerja dan menabungkan uang yang ia dapatkan dari hasil dia bekerja sampai dengan uang tersebut cukup untuk membeli mobil tersebut,hal itu bisa dikatakan bahwa manusia itu adalah sebagai mahluk yang bekerja.karena semua yang diinginkan harus harus diselesaikan dengan cara bekerja.
  • antara pekerjaan dan profesi.
Pekerjaan merupakan segala sesuatu yang dilakukan oleh seseorang secara sadar tanpa mengenal waktu. Ruang lingkup pekerjaan lebih luas dibandingkan dengan profesi,kenapa demikian ? jelas,bahwa profesi merupakan sesuatu yang dilakukan secara signifikan (khusus) karena profesi pada umumnya merupakan pekerjaan yang dilakukan sesuai dengan skill yang dimiliki oleh seseorang tersebut.kita ambil contoh dari kegiatan sehari-hari.yang dinamakan pekerjaan antara lain, nyapu,menulis,menyuci,mengelap,mendesain,menggambar dan lain sebagainya,sedangkan profesi itu seperti,buruh,guru,dokter dan lain-lain,dan ruang lingkupnya jelas.
·         Hubungan antara profesi dan profesional

profesi merupakan sesuatu yang dilakukan secara signifikan (khusus) karena profesi pada umumnya merupakan pekerjaan yang dilakukan sesuai dengan skill yang dimiliki oleh seseorang. apabila profesi yang di dapat itu dilaksanakan dengan optimal dengan penuh tanggung jawab,transparan dan menjalankannya dengan baik maka orang yang memanggul dan menjalankan profesi tersebut bisa dikatakan profesional.

·         Hubungan profesional dengan profesionalisme

Apabila seorang profesional yang mempunyai semangat tinggi untuk menampilakan dan memberikan yang terbaik untuk hal apapun tanpa membelakangi etika dan norma –norma yang berlaku maka orang tersebut dikatakan memiliki jiwa profesionalisme.profesionalisme itu memiliki beberapa ciri-ciri diantaranya :
1. Keinginan untuk selalu menampilkan perilaku yang mendekati piawai ideal.
2. Meningkatkan dan memelihara imej profesion
3.Keinginan untuk sentiasa mengejar kesempatan pengembangan profesional yang dapat meningkatkan dan  meperbaiki kualiti pengetahuan dan keterampiannya.
4. Mengejar kualiti dan cita-cita dalam profesion

PENDEKATAN ORIENTASI FILOSOFI
Pendekatan orientasi filosofi ini melihat tiga hal pokok yang dapat digunakan untuk mengetahui tingkat profesionalisme sebagai berikut:

A.     Pendekatan Lambang Profesional

Lambang profesional yang dimaksud antara lain seperti sertifikat, lisensi, dan akreditasi. Sertifikasi merupakan lambang bagi individu yang profesional dalam bidang tertentu. Misalnya, seseorang yang ahli dalam menjalankan suatu program komputer tertentu berhasil melalui ujian lembaga sertifikasi tersebut sehingga akan mendapatkan sertifikat berstandard internasional. Adapun lisensi dan akreditasi merupakan lambang profesional untuk produk ataupuun institusi. Sebagai contoh, lembaga pendidikan yang telah dianggap profesional oleh umum adalah lembaga pendidikan yang telah memiliki status terakreditasi, dan lain-lain. Akan tetapi, penggunaan lambang ini kurang diminati karena berkaitan dengan aturan-aturan formal.

B.      Pendekatan Sikap Individu

Pendekatan ini melihat bahwa layanan individu pemegang profesi diakui oleh umum dan bermanfaat bagi penggunanya. Sikap individu tersebut antara lain adalah kebebasan personal, pelayanan umum, pengembangan sikap individual dan aturan-aturan yang bersifat pribadi. Orang akan melihat bahwa individu yang profesional adalh individu yang memberikan layanan yang memuaskan dan bermanfaat bagi pengguna jasa profesi tersebut.

C.      Pendekatan Electic

Pendekatan ini meihat bahwa proses profesional dianggap sebagai kesatuan dari kemampuan, hasil kesepakatan dan standar tertentu. Hal ini berarti bahwa pandangan individu tidak akan lebih baik dari pandangan kolektif yang disepakati bersama. Pendekatan electic ini merupakan pendekatan yang menggunakan prosedur, teknik, metode dan konsep dari berbagai sumber, sistem, dan pemikiran akademis. Dengan kesatuan item-item tersebut di atas, masyarakat akan melihat kualitas profesionalisme yang dimiliki oleh seseorang individu ataupun yang mewakili institusi.

*      Kesimpulan

Manusia itu tidak bisa lepas dari hakikatnya sebagai mahluk bekerja,karena semua kebutuhan harus dilakukan dengan bekerja,dalam menjalani pekerjaan tersebut ada kode etik dan norma-norma yang digunakan sehingga pekerjaan tersebut tidak menjadi salah satu penyimpangan sosial di kalangan masyarakat.antara manusia pekerjaan,profesi,profesional,dan profesionalisme saling terikat atau terhubung satu sama lainnya,kesuksesan dalam menjalankan suatu pekerjaan ataupun profesi tergantung tingkatan dan proses pelaksanaanya.dari situ dapat dibedakan mana yang pekerjaan,profesi,profesional,atau profesionalisme









Iwan Sugiarto
 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dokumen SRS (software requirement spesification)

DOSEN BANGSAT