Dokumen SRS (software requirement spesification)



MAKALAH TENTANG DOKUMEN SRS
PEMANCINGAN TELAGA EMAS
GOLDENPOND INFORMATION SYSTEM.









   

                                       Nama      :IWAN SUGIARTO
     NPM        :12411013




FAKULTAS ILMU KOMPUTER
PRODI SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS BANDAR LAMPUNG
2014

LATAR BELAKANG


Semakin berkembangnya zaman semakin membuat manusia ingin melakukan semua kegiatan atau aktifitas kesehariannya seinstans mungkin,dalam artian meminimalisir atau mereduksi kegiatan manusia yang menggunakan tenaga yang berlebihan,dan menggantinya dengan menggunakan pengembangan teknologi atau menggunakan bantuan mesin ataupun yang lainnya.dalam kesempatan ini saya mencoba membuat dokumen SRS dalam rangka membangun sebuah software,yang akan dikembangkan di suatu perusahaan pemancingan telaga emas Bandar lampung untuk periode yang akan datang.pada tahapan ini merupakan tahapan dalam proses pengumpulan data ,kebutuhan untuk membangun sebuah system yang diinginkan oleh pemilik saham.
Harapannya yaitu dengan adanya software ini dapat membantu para karyawan untuk menyelesaikan ataupun mengefisiensikan tugas- tugasnya,serta memberikan pelayanan yang memuaskan bagi para pengunjung /para peserta lomba.untuk lebih lanjutnya dalam peroses pengembangan system ini saya sangat mengharapkan masukan kepada seluruh pihak demi meningkatkan kualitas software yang akan dibangun sehingga bisa terhindar dari kesalahan-kesalahan.anda bisa mengiimkan komentar atau memberikan masukan kepada saya melalui E-mail saya iwansugiarto2012@gmail.com.




 
                                                                                          Hormat saya

                                                                                         
IWAN SUGIARTO

Daftar isi

COVER                                                                                                                                               
KATA PENGANTAR                                                                                                                                        
DAFTAR ISI                 
1.PENDAHULUAN
1.1.Tujuan
1.2.Ruang lingkup
1.3.Definisi
1.4.Referensi
1.5.Sistematika
2.DESKRIPSI UMUM
2.1.            Perspektif
2.2.            Kegunaan
2.3.            Karateristik pengguna
2.4.            Batasan-Batasan
2.5.            Asumsi Dan ketergantungan
3.SPESIFIKASI KEBUTUHAN
3.1.            Kebutuhan fungsional
3.1.1.      Pendahuluan
3.1.2.      Input
3.1.3.      Proses
3.1.4.      Output
3.2.            Kebutuhan antar muka eksternal
3.2.1.      Kebutuhan antar muka pengguna
3.2.2.      Kebutuhan antar muka perangkat keras
3.2.3.      Kebutuhan antar muka perangkat lunak
3.2.4.      Kebutuhan antar muka komunikasi
3.3.            Kebutuhan performansi
3.4.            Kendala desain
3.4.1.      Standar compliance
3.4.2.      Perangkat keras
3.5.            Atribut
3.5.1.      Keamanan system
3.5.2.      Pemeliharaan(maintenance)
3.6.            Kebutuhan lain
3.6.1.      Database
3.6.2.      Pengoprasian
3.6.3.      Penyesuaian tempat


PENDAHULUAN
1.1.         Tujuan
Tujuan dari pembuatan sisitem informasi pemancingan telaga emas ini yaitu agar peserta  dapat mempermudah  proses  pemesanan tiket pemancingan (sewa lapak),proses transaksi pembayaran, menghitung laba rugi  setiap bulannya,pengaksesan informasi mengenai telaga emas (baik mengenai latar belakang pemancingan telaga emas, kepanitian, serta informasi lainnya mengenai telaga emas). System informasi ini juga digunakan untuk mempermudah  proses  pemesanan dan penjualan alat – alat dan bahan-bahan yang dibutkan dalam memancing.



1.2.         Ruang Lingkup

Ruang Lingkup dalam pengembangan system ini menggunakan perangkat lunak berupa sistem database  yang saya berinama goldenpond  information system. Perangkat lunak ini digunakan untuk penginputan nama peserta lomba memancing  yang sudah mendaftarkan diri baik secara online maupun offline serta telah melakukan registrasi yang telah ditentukan. Perangkat lunak ini diharapkan mampu menyimpan data secara sistematis.sistem ini mulai di rasa perlu demi mempermudah proses transaksi ,dan menghasilkan output  yang jelas,rinci dan akurat.

1.3.         Definisi

Definisi   Definisi dari istilah yang digunakan dalam dokumen ini antara lain :
Admin                 :Pengguna dari perangkat lunak.
Database            :basis data,tempat penyimpanan data - data yang    berhubungan denganPerangkat lunak.







Actor                   :sesuatu yang berhungan            langsung dengan system.
Password           :kata kunci rahasia untuk dapat mengakses  system.
Interface            : tampilan antar muka pengguna.
S/W                      :Software


1.4.         Referensi
ð http://www.google.com

1.5.         Sistematika

Dokumen SRS ini dibagi menjadi tiga bagian utama, yaitu :

1.     Pendahuluan  yang berisi penjelasan tentang tujuan pembuatan perangkat lunak , lingkup masalah yang dipengaruhi oleh perangkat lunak yang dikembangkan , definisi, referensi, dan sistematika.


2.     Deskripsi umum yang berisi penjelasan secara umum mengenai perangkat lunak  yang  akan di kembangkan ,meliputi perspektif deskripsi umum system ,karateristik pengguna, batasan- batasan dan asumsi penggunaan.

3.     Spesifikasi kebutuhan  yang berisi uraian kebutuhan perangkat lunak secara lebih rinci.



2.     DESKRIPSI UMUM

2.1.         Perspektif

Dalam rangka pengefisienan tugas – tugas panitia perlombaan memancing  di telaga emas serta kemudahan bagi  para peserta lomba dalam melakukan transaksi maka dibuatlah perangkat lunak  yang
Bersifat  user  friendly  dalam artian mempermudah  user dalam mengoprasikan perangkat lunak tersebut.
Perangkat lunak ini menangani kegiatan – kegiatan antara lain pendataan para peserta lomba memancing baik yang melakukan registrasi secara online ataupun offline, mencetak struk transaksi  yang sudah terjadi sehingga lebih jelas, rinci dan akurat, serta mempermudah pembuatan laporan untuk eksekutif atau pemilik saham setiap harinya.


2.2.         Kegunaan

Perangkat lunak ini memiliki kegunaan  yang nantinya dapat membantu para petugas dalam melaksanakan kegiatan oprasionalnya.
Selain membantu petugas ataupun karyawan  yang  bekerja  di perusahaan tersebut perangkat lunak ini juga membantu para peserta pemancingan dalam melakukan transaksi sehingga lebih mudah dan efisien waktu.
Kegiatan yang dilakukan perangkat lunak ini antara lain , menangani kegiatan  – kegiatan antara lain pendataan para peserta lomba memancing baik  yang melakukan registrasi secara online ataupun offline, mencetak struk transaksi  yang sudah terjadi sehingga lebih jelas, rinci dan akurat.






Mengetahui jumlah peserta lomba memancing setiap harinya,mengetahui jumlah laba -  rugi setiap minggunya, mengetahui persentase pengunjung setiap bulannya, mengetahui laporan besarnya dana  yang dikeluarkan untuk sarana dan prasarana, dan uang yang masuk setiap harinya, mempermudah proses penggajian karyawan, serta mempermudah pembuatan laporan untuk eksekutif atau pemilik saham setiap harinya.


2.3.         Karateristik Pengguna

Karateristik pengguna dari perangkat lunak ini adalah semua  yang ingin mengunakan jasa goldenpond misalnya panitia, karyawan kantin, pimpinan, dan masyarakat umum yang membedakan adalah pengguna berintraksi dengan  system dihubungkan dengan hak akses dan  level autentfikasi sesuai dengan kebutuhan atau aturan yang sudah dibuat oleh pemancingan telaga emas.


2.4.         Batasan-Batasan

Perangkat lunak ini hanya bisa dijalankan oleh windows  xp, vista, windows  7 dan windows  8.
Waktu pengembangan perangkat lunak sangat singkat membuat adanya kemungkinan tidak semua fungsi  yang ada dapat dilaksanakan.
 Pengembang perangkat lunak tidak akan mengubah file perangkat lunak ini akan mengotomatisasikan pengelolaan data-data yang ada di pemancingan telaga emas, yang meliputi data pengunjung / peser
a pemancingan, data karyawan, data penggajian, dll.







2.5.         Asumsi dan ketergantungan

Semua peserta lomba dari berbagai daerah bisa mendaftarkan diri sebagai peserta lomba  , dan akan dinyatakan ikut serta dalam perlombaan apabila sudah melakukan registrasi. Registrasi dilakukan setiap set perlombaan, dan bisa mendaftar kembali  di  set berikutnya.
Setiap  set  biaya registrasi tidak selalu sama, harus sesuai dengan tarif yang  sudah disepakati. Peserta  yang  mendaftarkan diri secara online namun tidak melakukan registrasi tepat waktu, maka system akan menganggap gagal, system akan menolak pendaftaran peserta jika lebih dari  3 kali. System tidak akan mau  di  oprasikan jika password  yang di masukan invalid.

3.        SPESIFIKASI KEBUTUHAN

3.1.   Kebutuhan fungsional


3.1.1.  Pendahuluan

Kebutuhan fungsional adalah kebutuhan  yang harus dipenuhi agar suatu system dapat berjalan atau dapat dikatakan kebutuhan tambahan yang memiliki input , proses, dan output.
Kebutuhan fungsional  yang harus ada pada system  yang akan dikembangkan ini adalah sebagai berikut :

1.     System harus dapat menyediakan informasi mengenai penuh atau belumnya lapak  yang tersedia, atau menampilkan jumlah lapak dan peserta yang sudah mendaftar.

2.     System  harus bisa mempermudah  para peserta  yang khususnya membutuhkan informasi mengenai perlombaan atau proses  pendaftaran secara online.

3.     System  harus bisa menampilkan jumlah peserta  yang mengikuti perlombaan baik perhari, minggu, bulan dan tahunan guna mengetahui persentase peserta setiap periodenya.

4.     System harus bisa menampilkan , dan mencetak struk hasil transaksi  yang  sudah dilakukan.


5.     System harus bisa menghitung dan mengelompokkan gaji  para karyawan sesuai dengan jabatan dan bidangnya masing-masing.

6.     System harus bisa menampilkan besarnya pemasukan dan pengeluaran  yang dikeluarkan setiap harinya.


7.     System harus mampu menghitung labarugi setiap periodenya.

8.     System harus mudah untuk dioprasikan,(tidak sulit untuk dipelajari).


9.     System harus mampu menghitung sesuatu  yang dinyatakan secara logika.


10.                        System harus terjaga dan mampu menyimpan data secara baik, jika terjadi hal - hal yang tidak diinginkan.


11.                        System harus fleksibel.



Actor yang ada dalam ruang lingkup system adalah :

a.     Peserta lomba

Yang dilakukan adalah :
1.     Buka web pemancingan telaga emas.
2.     Mendaftarkan diri sebagai peserta,dengan menginput data yang sudah di persiapkan.
3.     Registrasi melalui bank/atm yang sudah di sarankan oleh admin.

ð Use Case Diagram






b.     Admin.

1.     Login
2.     Melihat peserta yang sudah mendaftar secara online.
3.     Menginput data pemasukan dan pengeluaran setiap harinya.
4.     Menginput dan mengkalkulasikan dana yang sudah masuk ke panitia setiap setnya.
5.     Menampilkan jumlah peserta yang sudah terdaftar.
6.     Menampilkan jumlah karyawan yang bekerja di pemancingan telaga emas beserta gaji dan jabatan.
7.     Mencetak struk setiap selesai transaksi agar informasi lebih jelas,dan akurat.
8.     Maintenance system.
9.     Menginput dan mentransfer data mengenai barang-barang dan bahan –bahan yang habis atau sudah akan habis.
10.                        Mendesign web dan mengisi informasi mengenai pemancingan telaga emas ataupun event-event yang akan diadakan atau diperlombakan.


ð Use Case Diagram
















c.      Pemilik saham

1.     login
2.     Bisa melakukan pengawasan atau pengontrolan  sacara langsung
mengenai data/ informasi  yang dibutuhkan.













  
3.1.2.  Input

Input / masukan pada proses pendaftaran secara  offline.
Field nama               :untuk entri nama peserta
Field lapak                :untuk no lapak peserta lomba
Field insert               :untuk menyisipkan karakter
Field delete              :untuk menghapus karakter
Field save                  :untuk menyimpan data peserta lomba
Field paket/set        :untuk besarnya registrasi per paket/set.










Input / masukan pada proses pendaftaran secara online.
Field nama               :untuk calon peserta lomba(sesuai dengan KTP).
Field alamat             :untuk alamat peserta lomba(sesuai dengan KTP).
Field waktu daftar :untuk menerangkan kapan  calon peserta lomba mendaftarkan diri.
Field jenis kelamin :untuk menyatakan jenis peserta lomba laki-laki ataukah perempuan.
Field insert               :untuk menyisipkan karakter
Field delete              :untuk menghapus karakter
Field save                  :untuk menyimpan data peserta lomba
Field paket/set        :untuk besarnya registrasi per paket/set.







Input / masukan pada proses cetak struk transaksi.
Field nama               :untuk menerangkan orang yang melakukan transaksi.
Field lapak                :untuk menerangkan lapak yang melakukan transaksi.
Field  transaksi        :transaksi pendaftaran lomba / transaksi pembelian alat-alat dan bahan-bahan untuk lomba memancing / transaksi pemesanan makanan dan minuman.
Field nabar               :untuk  menyatakan barang /objek apa yang di transaksikan.
Field jumlah
Pembayaran            :untuk menyatakan besarnya transaksi yang dilakukan.
Field insert               :untuk menyisipkan karakter

Field delete              :untuk menghapus karakter
Field save                  :untuk menyimpan data peserta lomba





Input /masukan pada proses penggajian karyawan.
Field nama               :untuk menyatakan nama karyawan.
Field alamat             :untuk menyatakan alamat karyawan.
Field jabatan            :untuk menyatakan jabatan karyawan.
Field gaji pokok      :untuk menyatakangaji pokok karyawan.
Field  gaji lembur    :untuk menyatakan upah/gaji lembur karyawan.
Field bonus              :untuk menyatakan besarnya bonus yang diberikan perusahaan kepada karyawan.








Input / masukan pada proses login admin.

Field user name     :untuk entri user/ admin.
Field password      :untuk entri password.
Field login             :untuk login / memverifikasi user name dan password yang dimasukkan.menyatakan valid/invalidnya user name dan password.


Input / masukan pada proses login di website.
Field email                :untuk entri email Admin.
Field password        :untuk entri password .
Field login                 :untuk mengverifikasi email dan password admin serta menyatakan valid / invalid email dan password yang dimasukkan.






3.1.3.  Proses.

Tampilan muka Website  system informasi pemancingan telaga emas  terdapat pengisian form pendaftaran lomba memancing secara online dan dapat diisi sesuai ketentuan yang sudah disediakan,tinggal mengikuti step by step.peserta /pengunjung yang melakukan pendaftaran dengan cara aan registrasi pendaftaran maka datanya akan tersimpan secara otomatis kedalam database pemancingan telaga emas.dan hasil transaksipun bisa dicetak langsung bila dibutuhkan.
Dan secara otomatis juga pengunjung akan masuk kehalaman utama (home) yang terdiri dari beberapa submenu,baik mengenai latar belakang
,profil sampai struktur kepanitiaan pemancingan telaga emaspun juga tersedia ,bukan hanya itu saja informasi mengenai cara dan syarat untuk mengikuti perlombaan juga tersedia,disini juga akan selalu memberikan informasi mengenai pemenang lomba memancing di pemancingan telaga emas setiap harinya dan setiap setnya,dalam artian informasi mengenai pemenang lomba selalu up to date.peserta/pengunjung  dapat mengakses system informasi pemancingan telaga emas sesuai dengan menu yang telah disiapkan dan disajikan oleh admin pemancingan telaga emas.peserta  / pengunjung juga bisa melakukan dialog dengan admin melalui pesan(inbox/ komentar)yang telah disediakan.




Pemancingan telaga emas juga selalu update mengenai penerimaan karyawan,dan lowongan pekerjaan yang lainnya.jadi bagi yang membutuhkan informasi mengenai lowongan pekerjaan dan informasi lainnya bisa dengan mengunjungi website pemancingan telaga emas.

Perangkat lunak yang disebut dengan goldenpond information system ini juga menyediakan layanan sms broadcast yang selalu memberikan informasi kepada para peserta atau atau pengunjung yang sudah pernah berkunjung ke website atau pernah mencantumkan nomor handphone baik secara online ataupun offline kepada dan admin mengetahuinya  atau karyawan lainnya guna memperluas jaringan dan mempublikasikan pemancingan telaga emas dengan tujuan bisa dikenal di masyarakat luas,dan bisa meningkatkan  pengunjung dan peserta yang mengikuti perlombaaan di pemancingan telaga emas tersebut.

Dan tujuan yang sangat di idamkan yaitu dapat menjadi salah satu kolam pemancingan yang terkenal baik di dalam negeri atau luar negeri dan bisa di jadikan tempat pemancingan yang bertarap internasional,banyak pengunjung dari berbagai daerah dan memiliki income yang besar demi membangun Indonesia tercinta dan membuka peluang bagi masyarakat luas sehingga memperkecil pengangguran yang ada di Indonesia demi menciptakan Indonesia yang lebih baik.






3.1.4.  Output

Pada system informasi pemancingan telaga emas ini,out put yang dihasilkan oleh input yang dimasukan oleh admin pada proses “login”dengan memasukkan user name dan password  adalah masuk ke system yang akan dioprasikannya,dengan dia masuk ke account tersebut maka admin bisa mengelola data yang ada di system tersebut,seperti melihat jumlah peserta yang telah mendaftarkan diri secara online,mengetahui  nama-nama karyawan,dan jabatan serta gaji masing-masing karyawan tersebut.dan masih banyak lagi kegiatan yang bisa dikerjakan demi efisiensi waktu ,biaya dan keakuratan data.selain itu bisa mempersiapkan informasi yang akan dihidangkan untuk masyarakat luas.

Pada proses “penginputan data transaksi” output yang dihasilkan berupa struk yang menjadi sumber informasi transaksi yang telah dilakukan,yang menjelaskan transaksi apa saja yang telah dilakukan,hal ini bertujuan agar informasi mengenai transaksi bisa lebih jelas ,detail,dan akurat.

Pada proses”penginputan gaji karyawan” output yang dihasilkan adalah berupa keterangan nama karyawan,alamat,dan gaji berdasarkan jabatan yang didudukinya.hal ini dilakukan akan proses perhitungan gaji karyawan bisa di hitung secara cepat,tepat dan efisien waktu.gaji karyawan bisa diambil di bank yang telah tertera atau yang telah dianjurkan oleh pemancingan telaga emas.



Pada proses “penginputan data pemancing (offline)”output yang dikeluarkan adalah berupa data ,data  tersebut bisa menjadi bahan laporan kepada pimilik saham mengenai jumlah pemancing / peserta lomba memancing setiap set,setiap hari,setiap bulan.
Dan setiap tahunnya,tergantung periode yang dibutuhkan,hal tersebut bisa membantu dalam menjamin keakuratan data yang akan menjadi laporan kepada pemilik saham,karena data tersebut sangat jelas,apalagi waktu penginputan sangat jelas,tanggal,bulan,dan tahun,bahkan detiknya pun tertera.dan waktu tersebut tidak bisa di manipulasi.

Pada proses “penginputan data barang-barang dan bahan-bahan yang dibutuhkan” output yang di keluarkan yakni berupa laporan pengiriman data barang-barang dan bahan-bahan yang di butuhkan ,data tersebut dikirimkan keagen yang menyediakan barang,agar barang tersebut bisa cepat di dapat guna memenuhi kebutuhan para peserta lomba dan dan yang lainnya.hal ini bisa meningkatkan efisiensi waktu dan mereduksi biaya distribusi/transportasi.

Pada proses “penginputan data pemenang lomba mancing setiap hari dan setiap setnya” output yang dihasilkan ialah rekapan para pemenang lomba mancing,ranking peserta lomba mancing,secara sistematis.hal ini bisa dijadikan salah satu undian akhir tahun nanti dalam memperingati ulang tahun kolam pemancingan telaga emas,dengan memberikan penghargaan kepada para pemenang lomba memancing berdasarkan ranking yang di dapatinya.







3.2.   Kebutuhan antarmuka eksternal
3.2.1.  Kebutuhan antarmuka pengguna.
Perangkat lunak untuk pemancingan telaga emas ini dibuat dengan menggunakan aplikasi web,dimana tampilan web didesign menggunakan template yang ada.perangkat lunak untuk layanan pemancingan telaga emas  ini dilengkapi dengan  menu untuk mengakses berbagai fungsi yang di sediakan.intraksi antar pengguna dengan perangkat lunak dilakukan dengan menggunakan mouse dan keyboard.ada beberapa fungsi yang hanya bisa dilakukan dengan mouse dan ada pula yang bisa dilakukan dengan baik mengguankan keyboard dan mouse (seperti pengaksesan menu).

3.2.2.  Kebutuhan antarmuka perangkat keras

Perangkat keras yang dapat digunakan  dalam perangkat lunak yang dapat membantu proses oprasional demi tercapainya tujuan tertentu.perangkat keras tersebut antara lain :
1.     Personal computer (PC).
2.     Monitor VGA yang mempunyai resolusi minimal 800 x 1200 pixel.
3.     Keyboard dan mouse untuk membantu kegiatan admin.
4.     Printer.
5.     Internet broadband (frekuensi yang tinggi).
6.     Semua perangkat keras yang digunakan merupakan perangkat standar dalam system computer serta untuk koneksi internet.agar apa yang akan kita jalankan bisa berjalan sesuai dengan apa yang kita harapkan.






3.2.3.  Kebutuhan antarmuka perangkat lunak.

Perangkat lunak yang dibutuhkan untuk system informasi pemancingan telaga emas antara lain :
1.     System oprasi windows (xp,vista,windows 7,windows 8)
2.     SQL Server 2008 (untuk pengelolaan database)
3.     Java netbeans  dan exampp(untuk menghubungkan ke internet)
4.     ADODB digunakan untuk koneksi database.


3.2.4.  Kebutuhan antarmuka komunikasi.

Proses komunikasi dalam system ini menggunakan jaringan LAN (local area networking) dimana kegiatan di control oleh computer server.

3.3.         Kebutuhan performansi

Untuk meningkatkan kinerja system ini di butuhkan criteria spesifikasi ukuran kuantitatif yang harus dipenuhi oleh perangkat lunak.sistem ini diharapkan dapat membutuhkan waktu yang sedikit dalam menyelesaikan setiap tahapan proses.semakin sedikit waktu yang dibutuhkan ,semakin besar troughput yang

dapat dihasilkan.meningkatnya kecepatan ini diharapkan dapat terjadi setiap tahapan proses ataupun tahapan  proses ataupun pekerjaan yang besarnya ini bergantung pada jenis prosesnya.selain itu system diharapkan dapat mereduksi kecurangan oleh para karyawan / panitia pemancingan telaga emas.


3.4.         Kendala disain

Dalam pembuatan system ini,banyak sekali masalah-masalah atau  problem yang dijumpai yang menyankut standar pemenuhan perangkat keras.apa yang kita harapkan tidak semudah apa yang kita fikirkan,sangat sulit sekali mengumpulkan kebutuhan – kebutuhan untuk proses pembuatan system hal inilah yang menjadi salah satu factor system lama untuk dapat diselesaikan.


3.4.1.  Standar compliance (standar pemenuhan)

Pemilik system dapat mengubah file-file ataupun database yang ada.tanpa harus menunggu keputusan dari pihak manapun.selain itu admin juga bisa melakukan hal yang dianggap bisa melakukan suatu pekerjaan secara mudah dan efisien dalam artian admin bisa mengoprasikan system secara otomatis,karena admin sudah mengetahui banyak hal mengenai system tersebut.


3.4.2.  Perangkat keras

Berikut adalah standar teknologi informasi yang harus dipenuhi oleh system :
1.     System oprasi Microsoft windows  xp yang berlisensi asli.
2.     Basis data sebagai media penyimpanan basis data yang digunakan adalah SQL Server 2008 dan dikoneksikan dengan Adodb.



3.     Netbean dan exampp juga merupakan salah satu program yang dapat membantu dalam proses pengoneksian database.
4.     Monitor VGA yang dapat menampilkan resolusi minimal 800 x 1200 pixel.
5.     Keyboard dan mouse untuk melakukan kegiatan user.

3.5.   Atribut.
3.5.1.  Keamanan system.

Untuk memproteksi perangkat lunak dari akses, penggunaan, pengubahan, penghancuran atau pengungkapan (disclosure) yang tidak disengaja atau yang merusak. Kebutuhan yang spesifik termasuk hal-hal berikut:
1.   Adanya back up data sehingga data lebih reliable
2.   Penyimpanan data log/history
3. Pembatasan komunikasi terhadap suatu area tertentu dalam program

3.5.2.  Pemeliharaan (maintenance).

Adanya pemeliharaan dan pengecekan berkala yang akan dilakukan terhadap program yang berjalan ataupun pengecekan baik terhadap perangkat lunak itu sendiri ataupun hardware yang digunakan.
 Untuk pemeliharaan tiap harinya, sistem ini dilengkapi antivirus sehingga meminimalkan kerusakan pada sistem serta terdapat back up data untuk mencegah hal-hal tidak terduga yang tidak diinginkan.

3.6.   Kebutuhan lain.
3.6.1.  Database

Database yang terdapat pada pemancingan telaga emas ini terdiri dari :
1.     Informasi detail dari setiap transaksi dan pendaftaran peserta lomba memancing di pemancingan telaga emas.

2.     Jumlah pegawai atau karyawan yang bekerja di pemancingan telaga emas.


3.     Banyaknya stok bahan-bahan dan barang-barang yang digunakan untuk proses perlombaan setiap harinya.



4.     Besarnya pengeluaran dan pemasukan setiap harinya.

5.     Data pemenang lomba memancing setiap harinya,sampai setiap tahunnya berdasarkan ranking yang diperoleh.


6.     System menghitung persentase pengunjung  setiap bulannya.

7.     System juga menghitung besarnya pemasukan dan pengeluaran secara keseluruhan yang termasuk pengeluaran untuk gaji karyawan dan lain sebagainya.


8.     System selalu secara otomatis membagikan sms broadcash kepada para pengunjung/peserta lomba.(berisi informasi pemancingan ataupun tips-tips yang lainnya).

3.6.2.  Pengoprasian

Perangkat lunak dapat dijalankan di PC atau Laptop manapun yang terhubung dengan internet.







3.6.3.  Penyesuaian tempat

Penggunaan database SQL server 2008 untuk menyimpan data-data baik data karyawan yang bekerja di pemancingan telaga emas,data transaksi,data penggajian,data peserta lomba,data pemenang lomba setiap harinya,data masih banyak lagi data-data yang lainnya.semua data tersebut diletakkan pada hardware masing-masing setiap bagian tugasnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RELASI ANTARA MANUSIA,PEKERJAAN,PROFESI,PROFESIONAL DAN PROFESIONALISME

DOSEN BANGSAT